Perempuan Murahan

suatu hari, saya liat mantan istrinya P dari band U di infotainmen. tampaknya ia sedang membangun image baru (bukan dandanan baru yang tanpa jilbab itu ya).

kalo sebelumnya ia menunjukkan image sebagai istri baik nan soleh serta berbakti pada suami, kini ia hadir sebagai janda yang sangat mandiri. dia katakan bahwa dia 'KEMBALI LAGI' ke dunia entertainmen. hmm.. berarti dia memang sudah berkecimpung di dunia ini sebelumnya.. *sambil terus berpikir, kok saya gatau sih..*. dia katakan lagi, bahwa dia mau main sinetron LAGI, ngMC LAGI, dsb.. dsb.. saya lupa apakah dia menyebutkan nyanyi atau nggak. semoga tidak karena dalam acara MISSING LYRICS, saya pernah nonton dia dan suaranya.. huwalaaaaaaaaaaaaaahhh... mm.. bukan penyanyi lah pokoknya! *untuk tidak mengatakan BUTUT! heheheh*

tapi sebentar.. ngMC??? woooow.. tampaknya sekarang semua orang doyan ngMC ya. seperti halnya semua orang beken bikin album.

ya ya.. MC. Master of Ceremony. sebuah karir yang sama menjanjjikan nya dengan bidang entertainmen lainnya. Luna Maya yang model jadi MC, manik LA LUNA yang vokalis band juga ngMC *hihihihi*, para pemain sinetron ABG jadi MC. Aura Kasih katanya juga ngMC. semua jadi MC!

semudah itukah ngMC??? apakah modal cerewet jadi tiket untuk jadi MC??? sebegitu menjanjikannya kah karir MC???

buat saya, pintar adalah modal yang utama. bukan cuma pintar akademis. tapi pintar cari peluang.

seorang LM, adalah orang yang pinter cari peluang, selain emang beruntung ya. Olga juga walopun imagenya oon, dia pinter menurut saya. karena dia pintar menggali kekurangannya jadi sebuah kelebihan yang bikin dia jadi kaya sekarang ini. meskipun pernah seorang klien saya bilang bahwa dia males pake olga karena males nge-brief. butuh otak tambahan supaya dia ngerti produk knowledge perusahaannya. untuk hal-hal kaya gini, Pandji atau Choki Sitohang bagiannya.. *ini sebagai perumpamaan saja ya. sebenernya masih banyak nama. tapi saya wakilkan saja ya..*

tantangan MC juga banyak. selain musti pinter, MC juga musti pandai membangun suasana. beban berat dipikulnya. acara berjalan lancar karena MC. acara kacau dan boring juga karena MC. makanya berat. MC adalah raja panggungnya *meskipun tak lepas dari dukungan Show Director dan Stage Manager..*. makanya saya sebel kalo ada artis pengisi acara yang menyepelekan MC. seolah derajat mereka lebih tinggi dari MC.

saking beratnya tugas MC, berkali-kali oleh berbagai klien saya diwanti-wanti untuk tidak salah menyebutkan nama produk mereka. apalagi sampe menyebut saingan terberatnya. kesal memang, karena ngga usah dikasih tau juga saya udah tau diri, tapi banyak juga kesalahan MC yang bikin klien trauma. makanya diwanti-wanti banget.

seperti seorang sahabat yang menyebutkan produk motor HONDA di acara YAMAHA. selesai sudah kontrak kerjanya dengan perusahaan motor tersebut.
seorang sahabat lagi menyebutkan DJI SAM SOE di acara DJARUM. diapun diliburkan radionya untuk beberapa minggu.
konon Om F MC dan presenter terkenal itu juga pernah salah. gara-gara baru ngMC bank anu, saat siaran keesokan harinya, dia masih menyebutkan bank semalam saat membacakan adlips bank lain. dia pun diliburkan.
saya juga pernah. gara-gara berminggu-minggu ngMC di BSM, memanggil pengunjung Ciwalk dengan sebutan para pengunjung BSM. yang menghasilkan 'whuuuuuuuuu..' dari penonton. hehehe..
dan masih banyak lagi kejadian MC lainnya.

ya ya.. MC adalah karir yang menarik. menjanjikan tapi sekaligus mengerikan. semua orang ingin mencobanya. yang pintar dan cantik. yang pintar dan jelek. yang lucu dan ganteng. yang lucu dan nggak terlalu ganteng. yang cantik dan beruntung. dan tipe manusia-manusia lainnya.

menjanjikan karena easy money tapi juga mengerikan. apalagi buat orang seperti saya yang agak dyslexia. suka kebalik-balik ngomong. tapi alhamdulillah sejauh ini aman. yang justru gak aman adalah seorang teman saya. entah kenapa mendadak jadi dyslexia. ketularan saya mungkin. tapi bukan masalah produk. itu siiiih amaaaaaannnn... cuma dia berhasil membuat seorang pengunjung yang baik hati dan manis terhenyak seperti ditampar tai kucing di muka umum.

TEMAN : haloooo mba... mau hadiah??? sini siniiii..
MBA MANIS YANG BAIK : iya.. heheh..
TEMAN : duuuuuhhhh.. si mba cantik deh. pasti mba ini gadis murahan...
.............................................................................................................
.............................................................................................................
saya diam. si mba juga diam. sedikit demi sedikit senyumnya sirna. air mukanya berubah jadi wajah siap menangis. semua diam.
.............................................................................................................
.............................................................................................................
TEMAN : oh eh euuuh.... *salah tingkah berat*... maksud saya gadis rumahan!!!

huwayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhh....

otak dan mulut harus berjalan beriringan. itulah tugas MC terberat.


By Manik/Transisi

0 komentar: